Sedikit Tidur Dapat Menyebabkan Kematian Lho

Sedikit Tidur Dapat Menyebabkan Kematian Lho

afandonline.com – Sedikit Tidur Dapat Menyebabkan Kematian Lho.

Sedikit Tidur Dapat Menyebabkan Kematian Lho

Tahun 2012, seorang pria sehat asal negeri China yang berusia 26 tahun ditemukan tewas dalam keadaan tidur. Sang pria diduga kuat meninggal dikarenakan kurang tidur terutama setelah ia begadang menonton laga perlombaan sepak bola di TV selama 11 hari non-stop.

Tidak kalah hebatnya di tempat lain, seorang pria yang bernama Randy Gardner juga pernah mencetak rekor dunia dalam kategori tak tidur-tidur selama lebih dari 264 jam, saat itu ia hanya berusia 17 tahun. Hari ini, Gardner masih hidup dalam kondisi sehat di umur 68 tahun.

Sudah saatnya Memiliki Bisnis Online pintar dari Rumah. Yuk, segera ikuti Kelas Bisnis Internet SB1M Gedung Sentra BRI Sudirman Jakarta … Free 3x Datang …!!!

Meskipun rekornya terkalahkan menjadi 449 jam oleh orang lain, aksi Gardner sampai detik ini masih tetap kesohor sebab hal itu adalah sebuah eksperimen yang diadakan di bawah pengawasan ilmiah.

Satu yang pasti, percobaan ilmiah yang dilakukan pada Gardner menandakan, kita dapat konsisten terjaga selama sekitar 11 hari tanpa perlu menghadapi risiko kematian dini atau risiko kesehatan di masa tua.

lalu manakah yang benar, kita dapat mati dikarenakan kurang tidur ataukah tidak sama sekali?

Dua orang dokter bernama Dr. Michael Thorpy dan Dr. Shelby Freedman Harris, yang adalah pakar tidur di Amerika Serikat menjelaskan, informasi-informasi dari akibat negatif kurang tidur yang selama ini kita tahu tidak jarang dilebih-lebihkan atau bahkan mengesampingkan sejumlah fakta-fakta penting.

Akibat negatif kurangnya tidur tak menyertakan elemen-elemen pemicu lainnya di samping berkurangnya jam tidur seperti gaya hidup yang buruk. Jadi, bukanlah hal yang mengherankan jika ketakutan mati dikarenakan kurang tidur menjadi kekhawatiran awam pada banyak pasien insomnia atau mereka yang kurang tidur.

Menyelisik fakta yang ada, satu-satunya insomnia yang sampai detik ini diketahui dapat berimbas kematian pada manusia ialah Fatal Familial insomnia (FFI).

FFI bisa dijelaskan secara sederhana dengan degenerasi neurologis otak yang berhubungan erat dengan protein dalam jumlah tidak normal dan langka yang disebut prion.

Yang jarang diterangkan pada orang banyak, kematian akibat dari FFI dalam waktu sekitar 7-36 bulan itu lebih disebabkan kegagalan multiorgan daripada kurang tidur. Dampaknya diketahui hanya menyerang kurang dari 60 kasus kematian di antara 27 keluarga yang diidentifikasi secara medis di penjuru dunia.

Itu artinya, jikalau seseorang mengidap penyakit imsonia, ia tidak akan berpotensi mati karena kurang tidur.

Sampai hari ini, kurang tidur tak pernah terbukti secara klinis dapat menyebabkan kematian. Sebagaimana ditulis Slate, data ilmiah mengenai kurang tidur yang berpengaruh fatal pada manusia kebanyakan datang dari anekdot, penelitian binatang, atau survei medis.

Pada tahun 1898, dua orang ahli fisiologi dari Italia mengadakan eksperimen yang melibatkan seekor anjing terus terjaga dengan berjalan selama beberapa pekan sampai sang anjing mati secara tragis. Kemungkinan penyebabnya ialah dikarenakan degradasi dalam saraf di otak dan sumsum tulang belakang.

Universitas Chicago diketahui juga melakukan penelitian dengan tema serupa pada seekor tikus pada tahun 1989. Tikus-tikus itu dibuat tetap terjaga dan akhirnya pada hari ke-32 semuanya mati, para peneliti mengaku tidak dapat menemukan penyebab kematian pasti, studi tikus memperlihatkan bahwa kurang tidur berkaitan erat dengan hipermetabolisme dalam tubuh.

Eksperimen lain juga dijalankan pada tahanan di penjara Guantanamo. Kala itu, interogator CIA dengan sengaja dan sadar memaksa para tawanan untuk tetap berdiri dan terjaga selama 11 hari. Berdasarkan laporan dalam eksperimen, itu merupakan cara teraman untuk menekan dan mengintimidasi tahanan supaya mengaku.

Seberapa amankah parameter kurang tidur?

Sebagaimana eksperimen terhadap Gardner, para peneliti sudah menemukan bahwa dampak besar efek buruk kurang tidur dapat disembuhkan dengan mudah dan menyebabkan kerusakan permanen.

Jadi, meskipn kurang tidur diketahui cukup aman, konsekuensi buruk tentu saja selalu ada.

Setidaknya dalam tiga hari menahan kantuk, Gardner terlihat mulai murung dan kehilangan koordinasi. Penglihatan dan pendengaran pada tubuhnya mulai terperangaruh, termasuk turunnya kemampuan hidung dalam mengenal bau. Gardner juga dipastikan berhalusinasi, sangat mirip dengan orang yang berangan-angan dan terjebak dalam dunianya sendiri sampai hari ke lima.

Hal paling fantastis terjadi dalam otak Gardner yang dengan jelas dalam kondisi tidak selalu terjaga 100% seperti yang terlihat. Ada beberapa bagian otak yang stop bekerja memulihkan diri layaknya sedang tidur.

Keadaan tersebut dapat dikenal sebagai microsleep atau tidur mikro,ialah suatu keadaan neurologis yang dikembangkan oleh manusia secara evolusioner sejak jaman nenek moyang dulu untuk dapat bertahan hidup, sama dengan beberapa kemampuan burung dan mamalia air.

Microsleep memungkinkan seseorang untuk dapat beradaptasi saat melewati batas waktu tidur, seperti meningkatkan energi daya tahan, dan juga bergerak dalam waktu lama.

Walaupun demikian, kurang tidur memang hampir tidak diragukan dapat membunuh kita secara langsung maupun tidak, kendati para peneliti belum bisa menjelaskan bagaimana caranya secara pasti.

Tidur sekitar 4-5 jam sehari sudah terbukti mengurangi efisiensi dan produktivitas seseorang, dan juga meningkatkan rasio kesalahan dalam beraktivitas, serta memperbesar risiko cedera, kecelakaan kerja dan berpotensi empat kali lebih tinggi mengalami kecelakaan dikala berkendara.

Satu studi medis menegaskan bahwa orang yang memiliki waktu tidur kurang dari enam jam berisiko mati jauh lebih cepat dalam 25 tahun ke depan dibanding yang tidur selama delapan jam.

Sudah saatnya Memiliki Bisnis Online pintar dari Rumah. Yuk, segera ikuti Kelas Bisnis Internet SB1M Gedung Sentra BRI Sudirman Jakarta … Free 3x Datang …!!!

“Dalam jangka panjang, kurang tidur sudah terbuktimenyebabkan permasalahan kesehatan fisik seperti peningkatan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular dan stroke, serta meningkatnya risiko depresi dan kecemasan,” kata Karyn O’Keefe dari Massey University di Selandia Baru.

Melihat banyaknya sudah penelitian yang mengungkapkan bahwa manusia modern masa kini kurang dalam jam tidur secara berkepanjangan, ada baiknya menghindari risiko dengan cukup tidur dan mengatur pola tidur secara teratur.

Terima kasih sudah membaca, semoga keselamatan dan kesehatan selalu menyertai anda. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.



Sambel Roa Judes yang Bikin Nagih Nagih dan Nagih

afandonline.com – Sambel Roa Judes yang Bikin Nagih Nagih dan Nagih

Sambel Roa Judes yang Bikin Nagih Nagih dan Nagih

100% halal MUI
Dep. Kes. RI No PIRT 2113275010009-17

Komposisi: ikan roa asap, cabe, bawang, garam, minyak nabati, sorbate

Rp 32.000 + Ongkos Kirim

Bisa langsung segera di pesan di

WA 083869443246 ( Afandrian )

atau
FACEBOOK
TOKOPEDIA
BUKALAPAK

Sambel Roa Judes yang Bikin Nagih Nagih dan Nagih

Sambel Roa Judes terbuat dari campuran Ikan Roa yang berasal dari Manado & selalu sukses menggoda lidah para penggemar pedas.

Sambal Roa Judes ini terbuat dari ikan Roa langsung dari Manado, sehingga tidak perlu jauh-jauh harus Manado dan Palu lagi, juga tidak perlu lagi keluar rumah hanya untuk mencari rumah makan Manado. Sehingga tidak perlu takut lagi makanan kita tercampur dengan daging b*bi yang biasanya ada di rumah makan Manado, karena produk ini dijamin halal 100%.

Sambal Roa Judes ini dapat dinikmati dengan Mie, nasi hangat atau seperti kesukaan keluarga saya dicocol dengan bakwan yang baru matang…. Hmmm menggugah selera kan….

Sambal roa judes disegel dan tahan dalam 1 tahun. Tapi jika segel sudah dibuka, ketahanannya sampai 3 bulan dalam keadaan sejuk dan kering.

Baca Juga Temukan Huruf N dlm 10 Detik Kamu Termasuk Jenius

Baca Juga Banyak yg Salah Menghitung Jumlah Segitiga di Gambar Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*